Selasa, 24 Maret 2020

Vertigo yang Perlu Anda Ketahui

Vertigo yang Perlu Anda Ketahui  



Pengertian Vertigo
Vertigo adalah kondisi yang membuat penderitanya mengalami pusing, sampai merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Penderita dapat mengalami vertigo dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Tergantung tingkat keparahan, vertigo dapat berlangsung selama beberapa menit atau jam. Jika vertigo yang dialami cukup berat, berisiko membuat penderitanya terjatuh.


Gejala Vertigo

Selain kepala terasa berputar, vertigo juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti:

Mual
Muntah
Pergerakan bola mata yang tidak normal (nistagmus)
Berkeringat
Hilangnya pendengaran
Tinnitus
Pada dasarnya, vertigo perlu mendapatkan penanganan dengan segera. Jika tidak, kondisi yang ada dapat memburuk dan membahayakan penderitanya. Dianjurkan untuk segera membawa penderita ke dokter jika terdapat tanda atau gejala berupa:

Anggota tubuh terasa lemah
Penglihatan berbayang
Kesulitan berbicara
Pergerakan mata yang tidak normal
Penurunan kesadaran
Respon melambat
Kesulitan berjalan
Demam

Penyebab dan Faktor Risiko Vertigo
Vertigo dapat disebabkan oleh beragam kondisi, di antaranya:

Diabetes
Migrain
Stroke
Penyakit Parkinson
Tumor otak
Vertigo lebih berisiko terjadi pada seseorang yang memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Pengobatan Vertigo
Pasien dapat mengatasi vertigo dengan duduk diam saat gejala kambuh. Beberapa jenis obat juga bisa digunakan untuk meredakan gejala, namun harus dengan resep dokter. Pengobatan yang diberikan dokter kepada pasien dapat berbeda-beda, tergantung penyebab yang mendasarinya.

Vertigo bisa dicegah dengan beberapa cara, antara lain:

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.
Duduk diam sejenak saat bangun tidur.
Gerakkan kepala secara perlahan.
Hindari posisi membungkuk, agar vertigo tidak kambuh.
Vertigo ringan dapat diatasi secara mandiri. Namun, kasus vertigo berulang atau cukup berat membutuhkan konsumsi obat, terapi, hingga operasi, yang mungkin membutuhkan biaya pengobatan cukup besar. Oleh karena itu, coba pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan mulai dari sekarang sehingga tidak perlu repot memikirkan biaya pengobatan di kemudian hari.


Herbal Mysaipress & PLMsaipress membantu mencegah,meredakan& mengayasi Vertigo  




Penyebab Vertigo

Berdasarkan penyebabnya, vertigo terbagi menjadi 2, yakni vertigo perifer dan sentral. Vertigo perifer adalah vertigo paling sering terjadi, yang disebabkan oleh adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Sedangkan vertigo sentral adalah vertigo yang disebabkan karena adanya gangguan pada otak atau sistem saraf pusat.

Beberapa gangguan yang umum menimbulkan vertigo adalah:

Vertigo posisi paroksismal jinak (benign paroxysmal positional vertigo) 

Seseorang yang menderita vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV) biasanya akan merasakan gejala saat menggerakan kepala.
Belum diketahui pasti penyebab kondisi ini. Namun, terdapat dugaan bahwa BPPV merupakan efek dari tindakan medis yang pernah dijalani pasien, dan adanya kristal alami tubuh yang masuk ke telinga bagian dalam.

Pada telinga bagian dalam, terdapat organ yang disebut vestibular labyrinth. Di dalam vestibular labyrinth terdapat saluran semisirkular dan otolit. Otolit berperan sebagai pemantau gerakan kepala, sedangkan saluran semisirkular berperan sebagai sensor gerakan kepala khusus gerakan memutar. Di dalam otolit juga terdapat kristal yang membuat telinga sensitif terhadap gravitasi.

Ketika kristal tersebut lepas dari tempatnya dan masuk ke saluran semisirkular, akan menyebabkan saluran semisirkular lebih sensitif terhadap gerakan yang terjadi pada kepala. Akibatnya, vertigo akan muncul ketika kepala digerakkan.

Labirinitis

Pada dasarnya, telinga memiliki dua saraf keseimbangan yang berfungsi mengirim sinyal untuk menentukan arah dan kendali keseimbangan pada otak. Labirinitis adalah kondisi di mana salah satu saraf tersebut mengalami inflamasi atau peradangan. Ketika peradangan terjadi, hal itu akan memicu munculnya vertigo.

Selain vertigo, labirinitis juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti:

Mual dan muntah.
Hilang keseimbangan.
Telinga berdengung.
Pergerakan mata tidak terkontrol.
Penyakit Meniere

Vertigo dapat muncul pada penderita penyakit Meniere, yakni kondisi di mana terjadi kerusakan pada telinga bagian dalam. Penyebab Meniere sendiri belum diketahui pasti. Namun, para peneliti menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh jumlah cairan yang terdapat pada telinga bagian dalam menjadi tidak normal.

Kelainan jumlah cairan telinga bagian dalam dapat dipengaruhi oleh:

Respons imun yang tidak normal.
Infeksi virus.
Alergi.
Cedera kepala.
Kelainan genetik/keturunan.
Migrain.
Kelainan struktur telinga bagian dalam.
Terjadi penyumbatan.
Pada dasarnya, vertigo muncul karena adanya gangguan pada telinga atau otak. Maka dari itu, beberapa kondisi di bawah ini juga dapat menyebabkan vertigo:

Cholesteatoma, yaitu kondisi di mana terjadi pertumbuhan kulit yang tidak normal pada telinga, tepatnya di balik gendang telinga. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi telinga yang terus kambuh.
Otosclerosis, yaitu kondisi di mana terjadi pertumbuhan tulang yang tidak normal pada telinga.
Stroke, yaitu gangguan pada pasokan darah ke otak yang disebabkan karena adanya perdarahan atau penggumpalan darah.
Fistula perilymphatic, yaitu kondisi di mana terjadi robekan pada dinding pemisah telinga bagian dalam dan telinga bagian tengah. Robekan ini menyebabkan cairan yang ada di telinga bagian dalam dapat berpindah ke telinga bagian tengah.
Neuroma akustik, yaitu tumor jinak pada saraf penghubung otak dan telinga bagian dalam.
Multiple sclerosis, yaitu kondisi di mana sistem imun secara keliru menyerang lapisan pelindung saraf otak dan tulang belakang. Lapisan pelindung yang rusak akan mengganggu proses pengiriman sinyal dari otak ke seluruh tubuh.
Penyakit Parkinson, yaitu kondisi yang ditandai dengan pergerakan dan keseimbangan tubuh yang tidak normal, akibat adanya gangguan pada fungsi otak.
Migrain. Kondisi di mana menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala di salah satu sisi.
Diabetes. Diabetes dapat menyebabkan komplikasi berupa pengerasan arteri dan penurunan pasokan darah ke otak. Akibatnya, fungsi otak terganggu.
Kehamilan. Vertigo dapat muncul pada ibu hamil. Umumnya, hal itu disebabkan karena perubahan hormon, penurunan kadar gula darah, dan penyempitan pembuluh darah selama masa kehamilan.
Malformasi Chiari, yaitu kondisi di mana jaringan otak turun ke saluran tulang belakang. Hal itu menyebabkan gangguan pada fungsi otak.
Sifilis. Sifilis merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini dapat menimbulkan gejala hilangnya pendengaran, pusing, dan memicu vertigo.
Gangguan kecemasan. Rasa cemas dan panik dapat memicu munculnya vertigo, dan stres berpotensi memperburuk vertigo yang diderita.
Tumor otak. Tumor pada otak kecil (serebelum) dapat menimbulkan vertigo.
Tekanan udara. Perubahan tekanan udara, seperti saat menyelam, dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Telinga yang rusak merupakan penyebab umum munculnya vertigo.
Alergi. Vertigo dapat menjadi salah satu gejala yang muncul ketika seseorang mengalami alergi.
Obat. Vertigo dapat muncul sebagai efek samping suatu obat. Beberapa obat yang dapat memicu vertigo adalah antikejang, antidepresan, obat penenang, dan antihipertensi.
Cedera kepala dan leher. Kondisi ini juga dapat menimbulkan vertigo, apabila benturan menyebabkan kerusakan pada otak atau telinga bagian dalam.
Faktor Risiko Vertigo

Beberapa faktor berikur ini dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami vertigo.  Di antaranya adalah:


Berusia di atas 50 tahun.
Mengalami kecelakaan.
Memiliki riwayat di dalam keluarga.
Mengalami stres berat.
Mengonsumsi alkohol.
Merokok




Meski pun banyak kasus vertigo dapat sembuh dengan sendirinya, akan lebih baik jika kondisi ini diperiksakan ke dokter, terutama jika vertigo terjadi secara berulang.

Contoh obat-obatan yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi vertigo adalah:

Antihistamin, seperti betahistine.
Benzodiazepine, seperti diazepam dan lorazepam.
Anti muntah, misalnya metoclopramide.
Untuk membantu meredakan gejala vertigo, Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

Berbaring sejenak di ruangan yang tenang dan gelap untuk meredakan sensasi pusing berputar.
Hindari gerakan yang tiba-tiba.
Duduk selama vertigo kambuh.
Hindari menggunakan komputer, menonton televisi, atau menyalakan lampu yang terlalu terang.
Jika vertigo kambuh ketika berbaring, cobalah untuk duduk dan jangan menggerakkan tubuh.
Pada dasarnya, pengobatan vertigo harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah metode pengobatan yang disesuaikan dengan penyebab vertigo:

BPPV 

Tindakan dalam menangani BPPV dapat berupa reposisi kanalit, yang bertujuan untuk memindahkan kristal di saluran semisirkular ke organ lain. Tindakan ini dikerjakan dengan meminta pasien untuk melakukan gerakan atau manuver khusus. Dokter juga akan mengajarkan gerakan reposisi kanalit pada pasien agar dapat dipraktikkan di rumah.

Dalam mengatasi BPPV, dokter juga dapat melakukan operasi jika prosedur reposisi kanalit tidak berhasil. Operasi ini bertujuan untuk menyumbat tulang yang ada di telinga bagian dalam. Alat penyumbat yang digunakan berfungsi menghambat saluran semisirkular dalam merespons gerakan kepala, sehingga dapat mencegah gejala pusing yang dapat memicu vertigo.

Labirinitis

Labirinitis akan ditangani dengan obat-obatan seperti desloratadine, diazepam, atau prednison. Dokter juga dapat menganjurkan tindakan lanjutan berupa terapi rehabilitasi vestibular atau vestibular rehabilitation therapy (VRT).

Terapi rehabilitasi vestibular bertujuan untuk melatih otak dalam menyeimbangkan sinyal yang datang dari saraf vestibular. Beberapa metode yang digunakan meliputi:

Mengkoordinasikan gerakan tangan dan mata.
Merangsang rasa pusing agar otak terbiasa.
Melatih keseimbangan tubuh.
Melatih kebugaran dan kekuatan tubuh.
Penyakit Meniere

Untuk mengatasi vertigo pada penyakit Meniere, dokter akan memberikan obat-obatan untuk meredakan gejala. Contohnya:


Diazepam, untuk meredakan rasa pusing berputar.
Promethazine, untuk meredakan mual dan muntah.
Pemberian gentamicin atau kortikosteroid langsung ke dalam telinga.
Jika vertigo yang disebabkan penyakit Meniere tergolong berat, dokter dapat merekomendasikan pasien untuk menjalani prosedur pembedahan. Di antaranya adalah:

Vertigo bisa dicegah dengan beberapa cara, antara lain: Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, Duduk diam sejenak saat bangun tidur, Gerakkan kepala secara perlahan, Hindari posisi membungkuk, agar vertigo tidak kambuh.

Punya keluhan vertigo akibat gangguan tulang belakang?


Pembedahan kantung endolimfe. Dalam prosedur ini, beberapa bagian tulang yang ada di kantung endolimfe akan diangkat. Pada kasus tertentu, dokter juga meletakkan tabung khusus pada telinga. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi produksi cairan yang terjadi di telinga.
Pembedahan saraf vestibular. Prosedur ini bekerja dengan memotong saraf (vestibular) yang menghubungkan sensor keseimbangan dan pergerakan yang ada pada telinga bagian dalam dan otak.
Labyrinthectomy. Prosedur ini bekerja dengan menghilangkan organ yang berfungsi mengatur keseimbangan dan pendengaran. Labyrinthectomy hanya dilakukan pada penderita Meniere yang sudah kehilangan pendengaran sepenuhnya
Vertigo dapat disebabkan oleh banyak kondisi, sehingga pencegahan yang dilakukan harus disesuaikan dengan faktor risiko yang dimiliki. Sebagai contoh, apabila penderita aktivitas menyelam, lakukan penyesuaian tekanan pada tubuh dengan baik. Terdapat pula beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah memburuknya atau kambuhnya vertigo. Di antaranya adalah:

Menggerakkan kepala secara perlahan dan hati-hati ketika beraktivitas.
Menyalakan lampu ketika terbangun di malam hari.
Segera duduk jika vertigo muncul.
Tidur dengan kepala yang sedikit terangkat atau lebih tinggi.
Duduk sejenak sebelum beranjak dari kasur, setelah bangun tidur.
Berusaha tenang ketika gejala kambuh. Rasa gelisah yang muncul dapat memperburuk kondisi.
Berjongkok dan hindari membungkuk, ketika ingin mengambil barang yang ada di lantai.
Hindari gerakan meregangkan leher, misalnya ketika ingin melihat sesuatu melalui celah yang tinggi.

Berbagai Faktor Penyebab Vertigo Kambuh
         
Vertigo bisa timbul selama beberapa menit hingga berjam-jam. Gejalanya juga dapat kambuh sewaktu-waktu. Penyebab vertigo kambuh bisa dipicu oleh perubahan posisi kepala serta beberapa penyakit seperti masalah pada telinga bagian dalam dan kepala.

Jika pernah merasakan sensasi kepala terasa berputar atau lingkungan di sekitar berputar-putar, kemungkinan besar Anda mengalami vertigo. Vertigo sendiri biasanya sering muncul ketika seseorang mengubah posisi kepalanya. Perubahan posisi yang dimaksud bisa terlihat dan terasa normal bagi seseorang yang sehat, namun dampaknya berbeda bagi seorang penderita vertigo. Penyebab lainnya adalah masalah di liang telinga bagian dalam. Bagian telinga ini berfungsi untuk mengirimkan informasi dan menjadi sensor tubuh dalam mendeteksi perubahan postur, gerakan, serta posisi tubuh melalui saraf menuju otak.




Upaya Mandiri Menangani Vertigo

Serangan vertigo dapat membuat siapapun merasa cemas dan bingung. Selain karena sensasi berputar yang ditimbulkannya, juga karena seringkali muncul secara mendadak tanpa terduga.

Berikut ini adalah panduan penanganan umum yang bisa Anda lakukan, apabila terjadi serangan vertigo:

Segera duduk. Bila serangan vertigo muncul ketika Anda sedang dalam posisi berdiri, maka sebaiknya upayakan untuk tetap tenang dan segeralah duduk. Jika tetap berdiri, maka Anda dapat kehilangan keseimbangan, terjatuh, dan mengalami luka serius.
Saat sedang tidur:
Gunakan penerangan yang baik jika Anda bangun dari tempat tidur di malam hari.
Hindari berbaring miring bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo.
Berbaring dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh, misalnya dengan menggunakan dua bantal yang
Bergeraklah perlahan-lahan saat bangun di pagi hari. Ambil waktu sejenak sebelum Anda bangkit dan berjalan dari tempat tidur.
Hindari menggelengkan atau menggerakkan kepala dengan cepat.
Sebaiknya hindari juga olahraga yang membutuhkan pergerakan cepat seperti basket dan sepak bola.
Hati-hati tiap kali melakukan kegiatan yang membuat kepala Anda perlu mendongak ke belakang, seperti mencuci rambut di salon atau memeriksakan diri ke dokter gigi. Perubahan posisi ini dapat memicu vertigo.
Perbanyak konsumsi air putih.
Hindari konsumsi makanan/minuman yang dapat memicu vertigo, seperti yang mengandung kafein atau minuman keras. Asap rokok juga sebaiknya dihindari.
Latihan Untuk Meringankan Keluhan Vertigo
Gangguan pada telinga bagian dalam dan perubahan posisi kepala seringkali menjadi faktor pencetus paling umum dari munculnya serangan vertigo.

Ada beberapa jenis latihan yang dapat dilakukan untuk mengurangi timbulnya gejala vertigo, salah satunya manuver Epley dan latihan Brandt-Daroff :

Posisi duduk di tempat tidur. Putar kepala 45 derajat ke kiri hingga mendekati pundak. Letakkan bantal tepat di bawah pundak.
Gerakkan badan secara sigap dan hati-hati untuk berbaring di tempat tidur dengan posisi kepala masih miring. Posisi bantal harus tepat di bawah pundak. Berbaring selama 30 detik hingga vertigo mereda.
Dalam keadaan berbaring, putar kepala 90 derajat ke kanan dan tunggu hingga 30 detik.
Posisikan kepala dan badan ke samping kanan hingga menghadap ke lantai selama 30 detik.
Coba untuk menangkat tubuh seperti posisi sit-up. Namun, tetap berada di sekitar tempat tidur.
Lakukan manuver Epley dengan membalikkan instruksi di atas untuk vertigo yang terjadi dari telinga kanan.
Penanganan Vertigo secara Mandiri - Alodokter

Terapkan manuver Epley tiga kali berulang-ulang sebelum tidur malam untuk mengatasi vertigo selama 24 jam ke depan. Anda dapat mempelajari manuver Epley melalui video tutorial.

Beberapa alternatif manuver bisa dilakukan, salah satunya metode Half Somersault atau Foster Maneuver yang sebagian penderita vertigo dapat merasakan manfaatnya.

Cobalah untuk berlutut dan menatap langit-langit beberapa detik.
Membungkuk dengan kepala berada di antara kedua lutut dan dahi menyentuh lantai. Pertahankan posisi ini kurang lebih selama 30 detik hingga serangan vertigo berhenti.
Miringkan kepala Anda 30 detik ke sisi telinga yang merasakan vertigo.
Kemudian angkat kepala Anda dengan cepat hingga sejajar dengan punggung sementara lutut dan kedua tangan Anda masih menyentuh lantai. Pertahankan kepala Anda berada pada kemiringan 45 derajat selama 30 detik.
Tegakkan kepala sambil terus miring ke sisi yang terkena vertigo. Berdirilah secara perlahan-lahan.
Ulangi 15 menit kemudian jika gejala masih terasa.
Periksakan diri sebelum Anda melakukan penanganan vertigo secara mandiri untuk mengetahui jenis vertigo dan pengobatan selengkapnya yang sesuai.

Dengan melatih diri agar dapat menangani vertigo di rumah, diharapkan bisa mengurangi gejala-gejala yang dialami dan Anda lebih siap menghadapi serangan vertigo pada saat berada di lokasi lain.

Vertigo bisa dicegah dengan beberapa cara, antara lain: Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, Duduk diam sejenak saat bangun tidur, Gerakkan kepala secara perlahan, Hindari posisi membungkuk, agar vertigo tidak kambuh.

Punya keluhan vertigo akibat gangguan tulang belakang?



Mysaipress 1 botol isi 20 kapsul & Plmsaipress 1 botol isi 8ml


Harga Mysaipress:
1 botol Rp 235.000
>10 botol Rp 175.000/botol

Cara order Mysaipress 

Ketik:Mysaipress#jumlah#Nama#Alamat lengkap
Kirim ke SMS/WA 0895412961369                            




*KEUNGGULAN PRODUK HERBAL PLM JAYA :*

=======================================
- Produk di racik Oleh seorang Arkeolog Dunia Prof.Dr.H. Datuk Abdul Manan bin Embong
- Produk 100% bahan baku herbal sunnah dari timur tengah
- Bahan baku di ambil dari anjuran Al-Quran dan Sunnah
- Formula nya di ambil dari Kitab ibnu sina dan kitab Mesir kuno
- Bahan baku produk di dalamnya terdapat 3 warisan sejarah para Nabi
- Nabi Nuh A.s pada Pohon Cypress
- Nabi Ibrahim A.s / Nabi Ismail A.s pada Air Zam-zam
- Nabi Muhammad SAW pada Garam Hunza
- Produk 100% Halal dan sudah BPOM
- Produk terbukti berkhasiat
- Fakta Produk Laris manis di Pasaran
========================================
Info.Harga / Pemesanan Produk :
wa.me/0895412961369






Jual Mysaipress dan PLMsaipress Siap Kirim ke Seluruh Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*EDUKASI TENTANG DAHSYATNYA KEKUATAN PRODUK PLM SAIPRESS TETES !!!!*

*EDUKASI TENTANG DAHSYATNYA KEKUATAN PRODUK PLM SAIPRESS TETES !!!!* 1) Kualitas Produk Terbukti ampuh,  bukan kaleng-kaleng 2...